Pipa Bawah Tanah Pertamina Cilacap Tahan Gempa

Cilacap: Jaringan pipa bawah tanah milik PT Pertamina RU IV di Cilacap, Jawa Tengah, tahan terhadap guncangan gempa. Sehingga, Pertamina dan warga tak perlu takut bila gempa mengguncang Cilacap.

“Jaringan pipa punya hitungan tersendiri. Jadi, ada rumus tersendiri untuk menghitung jaringan pipa. Kalau struktur bangunan kami, tahan sampai 9 skala Richter (SR),” kata Public Relations Section Head Pertamina Refinery Unit IV Cilacap Sundoro Ribudhy di sela kegiatan ‘Family Gathering Mitra Kerja Pertamina RU IV Cilacap’ di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Ahad (4/11).

Sundoro mengatakan hal itu terkait dengan adanya kekhawatiran masyarakat pada kemungkinan bencana lain berupa ledakan pipa jika sewaktu-waktu terjadi gempa kuat di Cilacap.

Kendati belum mengkaji lebih dalam, dia mengatakan bahwa secara logika jaringan pipa akan lebih kuat dibanding struktur bangunan.

Ia mengatakan, biasanya setelah terjadi gempa, yang diukur ulang adalah kemiringan tangki, kemiringan kolom, dan kemiringan struktur bangunan, bukan kajian terhadap struktur jaringan pipa.

Menurut dia, jaringan pipa di bawah tanah maupun di atas permukaan tanah disusun dan diatur sedemikian rupa agar tidak pecah jika memuai.

“Makanya kenapa jaringan pipa tidak dibuat lurus, tetapi berbelok-belok, karena untuk menghindari pipa itu pecah kalau terjadi muai,” kata dia menjelaskan.

Menurut dia, batas toleransi pemuaian tergantung media yang ada di dalam pipa.

“Misalnya, kalau ‘steam’ atau uap panas, pipa itu dalam hitungannya harus diberi ekstensi muai,” kata dia menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wasi Ariyadi mengatakan, berdasarkan indeks rawan bencana Indonesia (IRBI) yang dipublikasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Cilacap menempati peringkat ketiga secara nasional dan posisi pertama di Jateng sebagai kabupaten dengan tingkat kerawanan bencana karena mencapai skor 132.

Menurut dia, hal itu disebabkan Kabupaten Cilacap yang memiliki garis pantai sekitar 150 kilometer ini, termasuk daerah rawan bencana tsunami karena hanya berjarak sekitar 250 kilometer dari pertemuan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia.

Menyinggung kemungkinan adanya kajian “second-hazard” atau bencana kedua sebagai dampak dari bencana pertama lantaran di Cilacap banyak terdapat pipa bawah tanah milik Pertamina RU IV Cilacap, dia mengatakan bahwa kajian tersebut belum dilakukan secara khusus.

“Kami telah melakukannya tetapi belum secara khusus,” katanya.

Berdasarkan catatan ANTARA, peneliti dari Deutshes Zentrum fur Luft-und Raumfarht (DLR) Joachim Post mengatakan bahwa ancaman bencana tsunami di Kabupaten Cilacap berada pada tingkatan medium.

“Cilacap berada pada tingkatan medium jika dibanding dengan Padang, Sumatra Barat. Padang merupakan daerah berisiko gempa bumi sehingga jika terjadi gempa di laut dengan kedalaman tertentu berpotensi mengakibatkan tsunami,” kata Joachim di Cilacap, 1 Desember 2009.

Menurut dia, ada satu keuntungan bagi Cilacap, yakni terlindungi oleh Pulau Nusakambangan saat gempa di Pangandaran yang mengakibatkan tsunami pada tahun 2006.

Akan tetapi, kata dia, kejadiannya akan lain jika tsunami datang dari arah timur dan dampaknya pun akan berbeda.

“Kalau kita lihat banyak pipa-pipa Pertamina di tepi-tepi sungai di sana (sebelah timur, red.). Padahal muara-muara yang besar merupakan jalur yang nyaman bagi tsunami untuk masuk ke daratan sehingga akan membahayakan pula bagi perusahaan-perusahaan besar di Cilacap,” katanya.

Selain itu, kata dia, ancaman tsunami di wilayah selatan Jawa (Cilacap) dan barat Sumatra (Padang) berbentuk tsunami lokal karena waktunya sangat pendek, yakni waktu terjadinya gempa hingga datangnya tsunami sekitar 50 menit.

Menurut dia, waktu tersebut akan dipotong lima menit oleh BMKG untuk menganalisis data yang akan diformulasikan sebagai peringatan dini.

Sumber: MetroTV News

2 thoughts on “Pipa Bawah Tanah Pertamina Cilacap Tahan Gempa

  1. I appreciate, cause I found just what I was looking
    for. You’ve ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

  2. Hello, i feel that i saw you visited my website so i came to “go back the favor”.
    I’m attempting to in finding issues to enhance my site!I assume its adequate to use some of your ideas!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s